Menu


Profil Moeldoko yang Disebut Ingin Kudeta AHY dari Demokrat

Profil Moeldoko yang Disebut Ingin Kudeta AHY dari Demokrat

Kredit Foto: Instagram/Moeldoko

Konten Jatim, Depok -

Perseteruan antara Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko sedang panas-panasnya. Dikabarkan ini menyangkut perseteruan lama sosok yang pernah dinobatkan jadi Ketua Umum Partai Demokrat dalam waktu bersamaan.

Oleh AHY, Moeldoko dituding ingin melakukan kudeta terhadap dirinya setelah mengajukan Peninjauan Kembali (PK) untuk Partai Demokrat kepada Mahkamah Agung (MA), yang disebutkan sebagai upaya “perebutan” Partai Demokrat usai gagal pada 2021 lalu.

Mengutip Suara.com dan beberapa sumber lain pada Selasa (4/4/2023), berikut profil Moeldoko yang masih terlibat pertikaian panas dengan AHY.

Baca Juga: AHY Curiga Tujuan Moeldoko Rebut Demokrat Demi Jegal Anies

Profil Moeldoko

Moeldoko yang saat ini menjabat jadi KSP, sebelumnya merupakan anggota militer. Moeldoko sendiri adalah pria kelahiran Kediri, 8 Juli 1957. Disebutkan kalau Moeldoko lahir dari latar belakang keluarga yang amat sederhana.

Ayah Moeldoko merupakan seorang petani, sementara sang ibu bekerja sebagai ibu rumah tangga. Moeldoko sendiri adalah anak terakhir dari 12 bersaudara. Keluarga menjadi alasan kenapa Moeldoko bekerja keras dan berada di posisinya sekarang ini.

Saat masuk akademi militer (Akmil), yang dahulu memiliki nama Akabri, Moeldoko memperoleh penghargaan bergengsi Bintang Adhi Makayasa dikarenakan statusnya sebagai lulusan dengan predikat terbaik di angkatannya.

Baca Juga: Mengenang Koesni Harningsih, Istri KSP Moeldoko yang Sederhana

Layaknya anggota militer lainnya, karir Moeldoko perlahan naik dengan pasti. Dirinya menjabat di beberapa posisi bawah sebelum akhirnya menjadi Jenderal bintang 4. Berikut beberapa jabatan Moeldoko di militer dari masa ke masa.

Khazanah Islam: Apa Itu Jabariyah? Aliran yang Percaya Hidup Itu Tanpa Pilihan

Tampilkan Semua Halaman