Menu


Ganjar 'Berulah' Telepon Heru Budi, Kader NasDem Bilang Begini

Ganjar 'Berulah' Telepon Heru Budi, Kader NasDem Bilang Begini

Kredit Foto: Antara/Aji Styawan

Konten Jatim, Depok -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima banyak keluhan dari warga di Pasar Anyar Bahari, Tanjung Priok pada Sabtu (24/6/2023) dan Pademangan, Jakarta Utara pada Minggu (25/6/2023). Di antara keluhan yang disampaikan Ganjar kala melakukan kunjungan ke lokasi adalah soal ketersediaan air bersih.

Ganjar pun langsung menelepon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono dan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Joko Agus Setyono terkait masalah itu. Heru menjelaskan, persoalan yang diadukan Ganjar sebenarnya sudah dihadapi warga sejak lama.

Namun, mengutip Republika pada Sabtu (1/7/2023), Sekretaris Fraksi Partai Nasdem DPR, Saan Mustopa, menanggapi Ganjar yang langsung menelepon Heru Budi ketika menerima keluhan dari warga Ibu Kota. Menurut dia, hal tersebut tidaklah pas, mengingat Ganjar masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

Baca Juga: Aksi Ganjar Cawe-cawe Urusan DKI Jadi Sorotan, Pengamat: Strategi Raih Simpati Warga Jakarta

"Ya kalaupun misalnya mendapatkan keluhan dari warga, tidak langsung otomatis telepon Pj Gubernur di depan warga, yang menempatkan diri seakan-akan posisinya, lebih tinggi dibandingkan PJ gubernur daerah lain," ujar Saan saat dihubungi, Jumat (30/6/2023).

Jika memang ada keluhan dari warga DKI Jakarta, sebaiknya Ganjar menampungnya dan menyampaikannya secara informal kepada pihak yang berkaitan langsung. Apalagi Ganjar bukan merupakan presiden yang posisinya lebih tinggi dari Pj Gubernur DKI Jakarta.

"Berikutnya kan posisinya baru bakal capres, masih ada tahap lainnya, capres, kalau terpilih jadi presiden. Ini kan masih ada tahap, ini kan baru bakal calon. Jadi hal-hal seperti itu tentu juga harus saling menjaga ya, di antara sesama kepala daerah," ujar Saan.

Baca Juga: Soal Cawapres, Ganjar Diprediksi Bakal Diduetkan dengan Tokoh Sepuh NU

Ganjar sendiri merupakan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) yang notabenenya masih menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah. Menurut dia, Ganjar seharusnya menyelesaikan masalah-masalah yang menjadi wilayah kepemimpinannya terlebih dahulu.

"Menurut saya walaupun sebagai bakal capres, dalam arti menjabat sebagai gubernur, sebaiknya di akhir masa jabatannya, konsentrasi saja (di Jawa Tengah). Kan gitu, bagaimana menyelesaikan persoalan-persoalan di wilayah pemerintahnya apalagi di ujung masa jabatannya, yang masih belum selesai ya selesai kan," ujar Saan.

Khazanah Islam: Doa-doa yang Dapat Diamalkan untuk Hadapi Musim Kemarau Panjang

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Republika.