Menu


Pengamat Nilai Cak Imin Figur Cawapres Terkuat untuk Prabowo

Pengamat Nilai Cak Imin Figur Cawapres Terkuat untuk Prabowo

Kredit Foto: Humas DPR RI

Konten Jatim, Jakarta -

Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dinilai sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) yang kuat untuk mendampingi Prabowo Subianto dalam Pilpres 2024.

Hal itu disampaikan Pengamat politik dari Universitas Airlangga Prof Kacung Marijan, sebagaimana keterangan diterima di Jakarta, Minggu 25 Juni 2023.

Baca Juga: Pengamat: Ganjar Lebih Mudah Tentukan Cawapres Dibanding Prabowo dan Anies

Dia mengatakan bahwa diperlukan calon presiden (capres) dan cawapres yang sama-sama kuat untuk memenangkan Pilpres mendatang.

"Contohnya Pak Muhaimin Iskandar, penentu yang kuat. Tapi kalau misalnya berpasangan dengan Pak Airlangga Hartarto, ya tidak menang, ya pasti kalah. Ini beda misalnya Pak Muhaimin dengan Prabowo, nah ini potensi bisa kuat. Ini saling memperkuat. Ini artinya, capresnya kuat, cawapres penentunya juga kuat,” katanya, mengutip fajar.co.id, Senin (26/6/2023). 

Menurut Prof Kacung, Cak Imin memiliki potensi yang kuat karena mempunyai konstituen sebagai warga Nahdlatul Ulama atau nahdliyin dan PKB. Oleh sebab itu, dia menilai Cak Imin akan memperkuat posisi Ketua Umum Partai Gerindra tersebut sebagai capres.

“Kalau Prabowo-Muhaimin, Prabowonya kuat, Pak Muhaimin bisa memperkuat. Karena Pak Muhaimin punya konstituen, yaitu warga NU dan PKB. Tapi kalau misalnya Pak Muhaimin dengan Anies Baswedan, nah Anies ini tidak terlalu kuat, meski Pak Muhaimin kuat," kata dia.

Dia menambahkan, Cak Imin memiliki kekuatan dari segi kultur dan kewilayahan, yakni dari kalangan NU dan Jawa Timur. Sementara itu, terang Prof Kacung, Prabowo memiliki kekuatan di Jawa Barat dan Banten.

"Muhaimin punya potensi kekuatan dari segi kultur dan kewilayahan (dari NU dan Jawa Timur)," kata Prof Kacung.

Khazanah Islam: Doa-doa yang Dapat Diamalkan untuk Hadapi Musim Kemarau Panjang

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Fajar.