Menu


Ustadz Khalid Basalamah Jelaskan Hukum Mandi Junub Saat Puasa

Ustadz Khalid Basalamah Jelaskan Hukum Mandi Junub Saat Puasa

Kredit Foto: Alpinekb

Konten Jatim, Jakarta -

Ustadz Khalid Basalamah menjelaskan hukum mandi junub atau mandi wajib saat bulan Ramadan. Dia mengatakan, mandi junub sebelum dan sesudah imsak diperbolehkan Nabi Muhammad SAW.

Belum mandi sebelum subuh bukan alasan seseorang boleh meninggalkan puasa. Dalam puasa, kesucian hadats bukanlah syarat sah puasa.

Baca Juga: Mandi Junub saat Imsak atau Azan Shubuh, Sahkah Puasa? Ini Penjelasan Ustadz Khalid Basalamah

"Yang benar itu, kalau orang lagi junub tidak boleh membaca Al-Quran dan tidak boleh shalat. Puasa pun boleh. Misalnya di bulan Ramadan ada orang berhubungan biologis menjelang subuh, kemudian pas adzan subuh dia belum mandi. Maka boleh saja, sah puasanya," kata Ustadz Khalid Basalamah.

"Kecuali dia berhubungan biologis setelah adzan dan sudah mulai puasa. Baru batal puasanya," ungkapnya.

Dijelaskan, Umar Bin Khattab pernah meminta fatwa kepada Nabi Muhammad SAW soal tidur dalam keadaan junub alias belum mandi wajib. Nabi mengatakan, hendaknya Umar berwudhu sebelum tidur dan membersihkan kemaluannya. 

"Nabi SAW bersabda, cucilah kemaluanmu lalu berwudhulah kemudian tidur. Artinya boleh tidur walaupun belum mandi wajib," ujar Ustadz Khalid.

Walaupun demikian, mandi sebelum tidur bukanlah suatu kewajiban. Ini adalah anjuran agar hamba tersebut mendapatkan pahala dari Allah SWT. 

"Kalau orang tiba-tiba tidur boleh. Tapi lebih baik pahalanya kalau sebelum tidur dia wudhu," tambah Ustadz Khalid Basalamah.

Baca Juga: Mandi Junub Setelah Azan Shubuh, Apakah Sah Puasanya? Ini Penjelasan Buya Yahya

Dalam hadis lain, Aisyah pernah ditanya oleh ‘Abdullah bin Abu Qais mengenai keadaan Nabi Saw, “Bagaimana Nabi Saw jika dalam keadaan junub? Apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur sebelum mandi?”

Aisyah pun menjawab, “Semua itu pernah dilakukan oleh beliau. Kadang beliau mandi, lalu tidur. Kadang pula beliau wudhu, barulah tidur.” ‘Abdullah bin Abu Qais berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan segala urusan begitu lapang.” (HR. Muslim no. 307).