Menu


Rekor Pertemuan Indonesia Vs Vietnam di Piala AFF: Pertanda Lolos ke Final?

Rekor Pertemuan Indonesia Vs Vietnam di Piala AFF: Pertanda Lolos ke Final?

Kredit Foto: pssi.org

Konten Jatim, Depok -

Tim nasional (Timnas) Indonesia akan berlaga melawan Vietnam pada Jumat (6/1/2023) sore di Stadion Gelora Bung Karno. Bagaimana rekor pertemuan Indonesia vs Vietnam di Piala AFF?

Berdasarkan informasi dari sejumlah informasi berbeda yang disadur pada Kamis (5/1/2023), perlu diketahui bahwa total Indonesia sudah pernah menghadapi Vietnam sebanyak 25 kali di sejumlah kompetisi berbeda, termasuk di Piala AFF.

Baca Juga: Kenapa PO Haryanto Pecat Rian Mahendra? Ini Penjelasannya

Timnas Garuda tercatat memenangkan 8 dari 25 pertandingan, berbanding 7 dari 25 pertandingan yang dimenangkan Timnas Prajurit Bintang Emas, julukan Timnas Vietnam. 7 pertandingan lainnya berakhir dengan hasil imbang.

Sementara itu, tercatat bahwa Indonesia sudah 10 kali bertemu dengan Vietnam di Piala AFF. Dan rekor Indonesia melawan Vietnam dalam kompetisi ini bisa dibilang cukup baik.

Baca Juga: Selain Perkosa Santriwati, Berikut Deretan Tindakan Bejat Herry Wirawan Lainnya

Data menunjukkan kalau Timnas Garuda bisa memenangkan 3 dari 10 pertandingan melawan Timnas Prajurit Bintang Emas, sementara tim lawan baru bisa memenangkan 1 pertandingan. Yang menarik, 6 pertandingan di antaranya berakhir imbang.

Pertemuan terakhir Indonesia vs Vietnam di Piala AFF sendiri terakhir berlangsung dalam pagelaran Piala AFF 2021 silam di Singapura. Pertemuan yang berlangsung dalam babak penyisihan grup tersebut berakhir dengan hasil imbang 0-0.

Rekor timnas Indonesia melawan timnas Vietnam bisa meningkatkan kepercayaan diri pemain dan suporter. Namun, bukan berarti Indonesia bisa bermawas diri begitu saja. Ini dikarenakan semenjak Vietnam dilatih oleh pelatih Park Hang-seo asal Korea Selatan, mereka sulit untuk menang.

Baca Juga: Profil Herry Wirawan: Ustadz Gadungan Yang Perkosa Santriwati Pesantren, Kini Dihukum Mati

Park Hang-seo, yang kali pertama mulai melatih Vietnam sejak 2017 lalu, memiliki catatan pertemuan apik melawan Indonesia. Mereka bisa 5 kali menang dan 1 kali imbang di segala kompetisi, setidaknya sampai artikel ini dipublikasikan. 

Pertemuan Indonesia vs Vietnam di semifinal ini akan menjadi ujian berat bagi pelatih Shin Tae-yong, yang kebetulan juga merupakan junior Park Hang-seo. 

Baca Juga: Apa Perbedaan UU dan Perpu? Ini Penjelasannya

Semifinal Piala AFF 2022 akan menjadi semifinal ke-9 Indonesia dalam sejarah kompetisi ini. Timnas Garuda memiliki rekor 6 kali menang dan 3 kali kalah ketika bertanding di semifinal. Meskipun demikian, belum sekalipun Indonesia berhasil memenangkan Piala AFF kendati sudah masuk ke final sebanyak 6 kali.

Khazanah Islam: Masuk Daftar Nominator Warisan Budaya Tak Benda, Reog Ponorogo Segera Diakui UNESCO



Berita Terkait