Menu


Dituding Jadi Sosok yang Dibicarakan Jokowi Gegara Rambut Putih dan Kerutan, Ganjar Pranowo Merasa Tertuduh: Bu, Kacau Ini…

Dituding Jadi Sosok yang Dibicarakan Jokowi Gegara Rambut Putih dan Kerutan, Ganjar Pranowo Merasa Tertuduh: Bu, Kacau Ini…

Kredit Foto: Humas Pemprov Jateng

Konten Jatim, Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan usai adanya pernyataan Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi soal pemimpin ideal miliki banyak kerutan di wajah dan berambut putih, banyak orang kekinian meniru ciri-ciri tersebut.

Ganjar bahkan mengaku dibuat merasa heran usai munculnya pernyataan Jokowi tersebut. Hal itu disampaikan Ganjar dalam diskusi yang diadakan salah satu bank ternama di Kawasan Sudirman, Jakarta Selatan, Rabu (30/11/2022).

Awalnya ada seorang perserta diskusi yang merupakan ibu-ibu bernama Mala mengaku sebagai fans bertanya soal pernyataan Jokowi terkait pemimpin memiliki banyak kerutan di wajah dan rambut putih apakah sosok tersebut merupakan Ganjar atau bukan. Ganjar pun memberikan jawaban.

Baca Juga: Dijegal Lagi! Izin Safari Anies di Riau Ikutan Dicabut Oleh Pemda: NasDem Senyum Saja

"Bu, kacau ini. Bu, gara-gara pak presiden bilang itu kan bu. Beredar semua orang wajahnya berkerut dan pakai rambut putih bu," kata Ganjar.

Sontak hal itu mengundang gelak tawa para peserta diskusi. Ganjar kemudian menegaskan, bahwa usai adanya pernyataan Jokowi tersebut dirinya merasa tertuduh.

"Jadi apakah itu Ganjar, kan saya sudah bilang dari tadi, tertuduh saya," tuturnya.

Ia lantas meminta para peserta diskusi untuk melihat postingan pada akun media sosialnya. Dimana untuk menghindari tunduhan tersebut, Ganjar memposting foto saat penampilannya berambut hitam.

"Ya, hayo saya mau tanya yang di sini, yang follow IG (instagram) saya angkat tangan. Ya toh, ini ada kan pada saat itu rambut saya hitam," tuturnya.

Baca Juga: Perkara Typo 'Jemput Anies' yang Diduga Salah Ketik, Cebong Bantah Keras Sampai Sertakan Bukti yang Satu Ini: Dia Sengaja!

Untuk itu, pernyataan Jokowi menurutnya soal pemimpin rambut putih tak perlu diperdebatkan kembali.

"Jawabannya sudah jelas," pungkasnya.

Jawaban Jokowi

Presiden Joko Widodo dengan terbuka mempersilakan semua pihak untuk mengartikan pernyataannya tentang sosok pemimpin berambut putih, yang ia sampaikan dalam acara Nusantara Bersatu pada akhir pekan lalu.

Terkait pernyataannya itu, Jokowi menyebut orang yang bekerja dengan sungguh-sungguh akan terlihat dari kondisi fisiknya, termasuk adanya rambut berwarna putih.

"Ya ditafsirkan apa pun, silakan. Tetapi, memang dalam orang bekerja, kalau sungguh-sungguh dan kerja keras, pasti akan mempengaruhi fisiknya," kata Jokowi pada Selasa (29/11), seperti dilansir dari Warta Ekonomi.

Sebelumnya, ketika menghadiri kegiatan Nusantara Bersatu di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Sabtu (26/11), Jokowi sempat membahas sosok ideal yang dapat dipercaya untuk memimpin Indonesia. Ia menilai bahwa calon pemimpin berambut putih adalah sosok yang benar-benar memikirkan rakyat.

Baca Juga: Pengamat Politik Ini Bantah Dugaan Anies Start Kampanye Sebelum Pemilu Dimulai: Dia Baru Dielus-elus!

"Termasuk juga rambut, karena mikirnya sangat keras untuk rakyat, maka bisa saja rambutnya jadi putih. Dan banyak yang rambutnya putih, seperti Hatta Rajasa, Ganjar Pranowo, termasuk Pak Prabowo Subianto, rambutnya juga agak putih, dan lainnya," terang Jokowi dalam klarifikasinya hari ini.

Dalam acara yang digelar para relawannya akhir pekan lalu, Jokowi menyampaikan pesan kepada rakyat Indonesia menjelang pemilihan presiden 2024 dan sempat berguyon bahwa sosok yang memikirkan rakyat dapat dilihat dari penampilan fisiknya, seperti memiliki rambut putih dan banyak kerutan di wajah.

Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.



Berita Terkait