Menu


Harga BBM Subsidi Resmi Naik! yang Kepikiran Ganti Mobil Listrik, Siapkan Daya Watt Minimal Segini di Rumah Anda

Harga BBM Subsidi Resmi Naik! yang Kepikiran Ganti Mobil Listrik, Siapkan Daya Watt Minimal Segini di Rumah Anda

Kredit Foto: Instagram/ridwanhar

Konten Jatim, Jakarta -

Tak seperti mobil mesin konvensional, mobil listrik bisa membuat penggunanya terhindar dari rutinitas mengisi BBM di SPBU.

Tidak adanya penggunaan BBM juga membuat biaya operasional mobil listrik jauh lebih murah dari mobil mesin konvensional.

Kendati demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi anda yang kepikiran beralih ke mobil listrik karena tak sanggup mengisi BBM yang semakin mahal.

Baca Juga: Batal Tak Jadi untuk Mobil 1500cc! Pemerintah Kini Rencanakan Hanya Mobil-mobil Jenis Inilah yang Bisa Pakai Pertalite

Sebagai informasi, BBM subsidi jenis Pertalite, Solar dan Pertamax resmi naik per Sabtu (3/9/2022) mulai pukul 14.30 WIB.

Harga BBM jenis Pertalite naik menjadi Rp10.000 dari sebelumnya Rp7.650; solar naik menjadi Rp6.800 dari sebelumnya Rp5.150; dan Pertamax naik menjadi Rp14.500 dari sebelumnya Rp12.500.

Bagi anda yang kepikiran mengganti mobil mesin konvensional ke mobil listrik, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan daya watt di rumah anda mampu dipakai untuk pengisian daya listrik.

Daya listrik minimum yang dibutuhkan untuk mampu mengisi mobil listrik adalah 2.200 watt.
Semakin banyak peralatan listrik lain di rumah anda maka semakin besar pula daya yang dibutuhkan.

Baca Juga: Gak Bisa 1.300 Watt, Inilah Daya Listrik Minimum yang Dibutuhkan di Rumah Kalau Pengen Punya Mobil Listrik

Selain daya watt, hal lain yang perlu diperhatikan adalah harga.

Banderol harga mobil listrik jauh lebih mahal dari mobil mesin konvensional jika dibandingkan secara apple to apple dari sisi jenis.

Sebagai informasi, saat ini mobil listrik termurah yang beredar untuk masyarakat umum tanpa syarat apapun di pasaran Indonesia adalah Wuling Air EV.

Wuling Air EV dibanderol pada harga Rp 238.000.000 untuk Standard Range dan Rp 295.000.000 untuk Long Range.

Wuling Air EV adalah mobil jenis citycar yang ukurannya kompak. Sebagai perbandingan, dari segi jenis mobil ini setara dengan LCGC yang banderol harga paling mahalnya hanya Rp150 juta.


Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024



Berita Terkait