Menu


Jika KIB Bubar, Kemungkinan Dua Partainya Akan Merapat ke Anies Baswedan

Jika KIB Bubar, Kemungkinan Dua Partainya Akan Merapat ke Anies Baswedan

Kredit Foto: Twitter/Anies Baswedan

Konten Jatim, Jakarta -

Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari tiga partai politik, yaitu Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) diperkirakan bisa bubar.

Jurnalis Senior dari Forum News Network (FNN) Hersubeno Arief (Hersu) menyoroti penjajakan koalisi ini menjelang Pemilu 2024 yang masih dinamis soal kemungkinan bongkar pasang internal koalisi.

Baca Juga: Kecam Politik Identitas, Golkar: Kita Kompak dan Solid Satu Suara Jelang Pemilu 2024

Hal ini ia sampaikan saat membahas soal kode dari Anies Baswedan yang memberi sinyal koalisi perubahan bakal kedatangan anggota baru.

Hersu mengungkapkan sejumlah kemungkinan partai mana yang akan bergabung ke Anies Baswedan jika perubahan situasi politik benar terjadi. Hersu menyebut basis koalisi pro Jokowi yakni Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sebagai koalisi yang rapuh.

“Koalisi ini ini sangat rapuh dan tampaknya tinggal tunggu waktu untuk bubar,” jelas Hersu, mengutip fajar.co.id, Senin (20/3/2023). 

Kondisi rawan bubar ini menurut Hersu akan membuat anggota koalisi akan mencari alternatif lain agar bisa ambil bagian di Pilpres 2024.

Hersu menyebut PPP dan PAN berpeluang bergabung ke Anies karena konstituen mereka mayoritas mendukung Anies.

“Jangan lupa Partai ini berpeluang bergabung ke Anies karena konstituen PPP dan PAN mayoritas akan mendukung Anies Baswedan,” jelasnya. 

Lebih lanjut, situasi Gerindra-PKB yang belakangan ini disebut sedang tidak baik-baik saja seiring manuver Gerindra menikmati perjodohan Prabowo-Ganjar, serta penegasan bahwa Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) tidak mutlak jadi Cawapres Prabowo.

Menurut Hersu, situasi seperti itu juga bisa jadi indikasi PKB merapat ke Anies.

“Dari PKB jelas, yang ingin dipasangkan itu Cak Imin, itu bahkan sudah diputuskan dalam ijtima ulama PKB yang telah memberi deadline ke Prabowo sebelum Ramadan nama Cak Imin harus diumumkan,” ungkapnya.

“Hampir pasti koalisi kedua parpol itu bakal bubar,” tambahnya.

Sebelumnya, Cak Imin mengungkapkan jika akhirnya Prabowo dan Ganjar yang akan maju di Pilpres 2024, maka terbuka peluang Gerindra-PKB batal berkoalisi alias bubar.

"Ya berarti koalisinya bubar dong. Ya toh?" pungkas Cak Imin.

Khazanah Islam: Awas! Ini Sederet Posisi Seks yang Dilarang dalam Islam, tapi Nomor 2 Sering Dilakukan

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Fajar.



Berita Terkait