Menu


Berpihak Dengan Warga Tanah Merah, Refly Harun Minta Publik Tak Persoalkan Legalitas

Berpihak Dengan Warga Tanah Merah, Refly Harun Minta Publik Tak Persoalkan Legalitas

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Jakarta -

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang menjadi sorotan karena banyaknya korban dalam peristiwa tersebut, baik korban tewas maupun korban luka-luka.

Salah satu penyebab banyaknya korban dalam peristiwa ini adalah dekatnya pemukiman warga dengan kawasan Depo Pertamina, yang mana jal ini disoroti dan dianggap salah.

Banyaknya pihak yang mulai menyalahkan warga sekitar, yakni warga di Kampung Tanah Merah membuat Pengamat Politik Refly Harun angkat bicara.

Ia mengatakan bahwa warga di kawasan tersebut hanyalah orang tidak mampu yang seharusnya perlu diperhatikan dan dijamin oleh negara.

Baca Juga: Anies Dianggap Penyebab Banyaknya Korban di Kebakaran Depo Plumpang, Refly Harun Salahkan Pertamina

“Kalau misalnya kita bicara soal legalisasi dan lain sebagainya, maka rakyat-rakyat kecil itu enggak akan bisa ke mana-mana,” ujar Refly dikutip KontenJatim dari kanal YouTube-nya pada Kamis (09/03/2023).

Refly mengatakan bahwa warga Tanah Merah seharusnya mendapatkan jaminan untuk hidup dengan baik, tetapi yang terjadi justru sebaliknya.

 

“Bayangkan, mereka sudah empat puluh tahun di situ dan sesungguhnya mereka berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak,” ucapnya.

Menurut Refly, permasalahan ini seharusnya bisa menjadi fokus pemerintah. Ia pun meminta masyarakat berpikir dengan perspektif manusia.

“Justru kewajiban pemerintah adalah melindungi orang-orang lemah. Jadi kalau kita pakai perspektif manusia itu di atas segalanya, maka insya Allah pemerintahnya tidak zalim,” kata Refly dikutip KontenJatim dari kanal YouTube-nya pada Kamis (09/03/2023).

Ketika masyarakat tak menggunakan pola perspektif manusia, Refly meyakini bahwa masyarakat hanya akan fokus pada permasalahan tanah dan legalisasi wilayah tersebut.

Baca Juga: Kecam Anies Baswedan atas Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Rudi S Kamri: Dia Penyebab Belasan Orang Meninggal karena Terbitkan IMB!

Menurutnya, warga di Kampung Tanah Merah seharusnya mendapatkan keadilan karena bagimanapun juga fokus pemerintah adalah menjamin kehidupan warga negara.

“Kalau yang berpikir adalah soal legalisasi dan sebagainya, maka pemerintah akan dengan mudah mengatakan silakan kalian pergi karena ini bukan tanah kalian. Jadi enggak bisa begitu terhadap anak-anak bangsa,” ucapnya.

Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024