Menu


Mutiara Nasihat Syekh Ali Jaber: Tabungan Dunia untuk Keperluan Sehari-hari, Tabungan Akhirat untuk Mengisi Amal Saleh

Mutiara Nasihat Syekh Ali Jaber: Tabungan Dunia untuk Keperluan Sehari-hari, Tabungan Akhirat untuk Mengisi Amal Saleh

Kredit Foto: iStock/Mohamad Faizal Bin Ramli

Konten Jatim, Jakarta -

Ulama Ali Saleh Mohammed Ali Jaber atau Syekh Ali Jaber mengatakan bahwa ada dua jenis tabungan yang biasanya dimiliki manusia.

Tabungan ini adalah tabungan dunia dan akhirat. Keduanya sama-sama dianggap bermanfaat untuk masa depan kita, baik di dunia maupun akhirat.

Tabungan dunia sendiri berisi sesuatu yang kita simpan seperti uang, barang-barang berharga, atau tabungan berharga lainnya. Namun, tabungan ini berbeda dengan tabungan dunia.

Baca Juga: Mutiara Nasihat Syekh Ali Jaber: Cukup Dengan Iman Kepada Allah, Doa Kita Akan Diijabah

“Tabungan kita di bank, tabungan kita di rumah untuk punya keperluan dalam kehidupan sehari-hari boleh jadi kita meninggal dunia belum kita manfaatkan,” ujar Syekh Ali dikutip dari kanal YouTube Yayasan Syekh Ali Jaber pada Jumat (17/02/2023).

Jika Syekh Ali mengatakan tabungan dunia bisa saja belum dimanfaatkan dengan baik, tetapi tabungan akhirat bersifat sebaliknya.

Tabungan akhirat pada dasarnya akan menjadi pegangan bagi umat Islam dan sudah dipastikan akan berguna di akhirat.

Syekh Ali menjelaskan bahwa tabungan bisa diisi oleh banyak ibadah, seperti puasa, salat malam, bahkan hingga wudhu.

“Mengisi amal saleh, mengisi ikhlas, mengisi puasa, mengisi salat malam, mengisi sunah-sunah, sunah wudhu, tahiyatul masjid, banyak amal saleh lainnya,” ucap Syekh Ali.

Baca Juga: Mutiara Nasihat Syekh Ali Jaber: Manusia yang Tersisa di Akhir Zaman Adalah Seburuk-buruknya Manusia di Muka Bumi

Dari sekian banyak amalan yang bisa dijadikan tabungan di akhirat, Syekh Ali pun meyakini bahwa tabungan tersebut akan sangat berguna.

Maka dari itu, Syekh Ali mengingatkan kita untuk fokus kepada tabungan di akhirat karena tabungan itu yang pada akhirnya akan sangat digunakan.