Menu


Kenapa Partai Demokrat Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024?

Kenapa Partai Demokrat Dukung Anies Baswedan Sebagai Capres 2024?

Kredit Foto: Twitter/@agusyudhoyono

Konten Jatim, Depok -

Pada Kamis (26/1/2023), Partai Demokrat akhirnya merilis pernyataan kalau mereka siap mendukung Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk menjadi calon presiden (Capres) dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 mendatang.

Hubungan Partai Demokrat dengan Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang mengusung Anies Baswedan untuk menjadi Capres ini memang sudah disinyalir terbentuk sejak lama. Namun, pernyataan resmi dari Partai Demokrat baru saja dikeluarkan.

Baca Juga: Azab Pelaku Pelecehan Seksual Berdasarkan Pandangan Hadits Nabi Muhammad SAW

Lantas, kenapa Partai Demokrat mendukung Anies Baswedan menjadi Capres? Mengacu kepada pernyataan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Partai Demokrat menganggap kalau Anies Baswedan merupakan sosok yang bisa membawa perubahan.

Pernyataan yang dilansir dari Suara.com pada Jumat (27/1/2023) tersebut juga telah disetujui oleh sejumlah kader Partai Demokrat lainnya.

Baca Juga: Azab Pedih bagi Orang-Orang Yang Meminum Khamar

Namun, ucapan tersebut belum tentu menjadi alasan utama kenapa Partai Demokrat memilih Anies Baswedan sebagai Capres. Bisa jadi ada alasan-alasan lain yang menjadi pertimbangan partai yang didominasi warna biru ini untuk memilih Anies Baswedan.

Salah satu alasan yang paling memungkinkan adalah fakta kalau hasil survei elektabilitas Anies Baswedan terbilang tinggi. Dirinya bersaing dengan nama-nama dari partai politik (Parpol) lain macam Ganjar Pranowo dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Prabowo Subianto dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Ini bisa menjadi keuntungan bagi Partai Demokrat untuk bergabung ke dalam koalisi yang memenangkan Pemilu nantinya. Terlebih, ini bisa menjadi simbiosis Partai Demokrat dan Partai NasDem untuk mengangkat nama satu sama lain.

Baca Juga: Kenapa Khamar Diharamkan dalam Agama Islam? Ternyata Ada Penjelasan Ilmiahnya

Alasan lain yang juga diperhatikan adalah Anies Baswedan kerap dianggap pengamat dan masyarakat sebagai antitesis dari Presiden Joko Widodo alias Jokowi dari PDIP. Dan Partai Demokrat bisa saja mengusung Anies Baswedan sebagai bentuk perlawanan dari partai berlogo banteng tersebut.

Sebagai informasi, hubungan Partai Demokrat dan PDIP memang kurang baik semenjak Pemilu 2004 yang mempertemukan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri dan Mantan Ketua Umum Partai Demokrat yang memenangkan Pemilu, Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Apa Itu Khamar? Minuman Memabukan Yang Diharamkan dalam Agama Islam

Khazanah Islam: Awas! Ini Sederet Posisi Seks yang Dilarang dalam Islam, tapi Nomor 2 Sering Dilakukan



Berita Terkait