Menu


7 Misteri Gunung Semeru Yang Bikin Merinding

7 Misteri Gunung Semeru Yang Bikin Merinding

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Depok -

Gunung Semeru kembali mencatatkan erupsi serta mengeluarkan abu vulkanik dan awan panas pada Minggu (4/12/2022). Adanya aktivitas Gunung Semeru ini membuat masyarakat di sekitar gunung harus mengungsi jauh dari sana.

Meletusnya Gunung Semeru ini terjadi tepat setahun setelah gunung api yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini mengalami erupsi. Tahun 2021 di tanggal yang sama, Gunung Semeru juga tercatat meletus dan membuat masyarakat sekitar harus mengungsi.

Layaknya beberapa gunung api lainnya, ada segelintir masyarakat yang menganggap kalau erupsi Gunung Semeru disebabkan akibat hal-hal misterius di luar nalar manusia. Gunung Semeru sendiri memang memiliki sejumlah misteri di balik eksistensinya.

Baca Juga: Di Mana Lokasi Gunung Semeru Yang Baru Mengalami Erupsi?

Melansir genpi.co pada Senin (5/12/2022), terdapat setidaknya 7 misteri yang populer di kalangan masyarakat sekitar. Berikut penjelasan mengenai misteri Gunung Semeru

1. Sosok Penjaga Gunung Semeru di Area Arcopodo

Arcopodo merupakan sebuah lokasi di lereng Gunung Semeru dan biasa dijadikan sebagai area istirahat. Namun, di area tersebut, masyarakat konon bisa melihat sepasang patung prajurit di era Kerajaan Majapahit yang dianggap sebagai penjaga dari Gunung Semeru.

Baca Juga: Kapan Saja Gunung Semeru Pernah Meletus? Simak Penjelasan Berikut

2. Kawasan Kelik Yang Terkenal Mistis

Kawasan Kelik di Gunung Semeru dipercaya banyak masyarakat sekitar sebagai kawasan mistis dan misterius. Konon, banyak pendaki gunung yang mengalami kesurupan di kawasan ini. Kawasan Kelik dikenal sebagai area penghormatan orang-orang yang sudah meninggal dan dihuni banyak makhluk gaib.

Khazanah Islam: Sudah Shalat Witir, Apakah Diperbolehkan Tahajud? Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Tampilkan Semua Halaman

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan GenPI.