Menu


Sejarah Hari Ini: Hari Kelahiran Mochtar Lubis, Sang Maestro

Sejarah Hari Ini: Hari Kelahiran Mochtar Lubis, Sang Maestro

Kredit Foto: Mohammad Adrianto Sukarso

Konten Jatim, Depok -

Sejarah hari ini, pada Selasa (7/3/2023), merupakan tanggal kelahiran Mochtar Lubis. sastrawan Indonesia yang memiliki pengaruh dan dampak luas terhadap tidak hanya di dunia literatur dan sastra, melainkan juga dunia jurnalistik negara ini. 

Menghimpun informasi dari Ensiklopedia Kemendikbud dan beberapa sumber relevan lainnya, berikut biografi singkat dari Mochtar Lubis dan sepak terjangnya dalam dunia sastra maupun dunia jurnalistik di Indonesia.

Hari Kelahiran Mochtar Lubis

Kehidupan Awal

Mochtar Lubis lahir di Padang pada 7 Maret 1922. Dirinya merupakan keturunan orang penting dari Suku Mandailing. Ayahnya bernama Marah Husin Gelar Raja Pandapotan Lubis, bekerja sebagai Kepala Distrik Kerinci pada masa Pemerintahan Hindia Belanda dan ibunya bernama Siti Madinah Nasution.

Sejak kecil, Mochtar Lubis sudah mengenyam pendidikan di beberapa sekolah ternama. Dirinya merupakan lulusan HIS dan Sekolah Ekonomi Kayutanam, sebuah sekolah partikelir ekonomi besutan Sutan Muhammad Latif di Kayutanam. 

Baca Juga: Sejarah Hari Ini: Hari Pengangguran Internasional, Masa Depresi Besar

Selain itu, Mochtar Lubis juga mempelajari berbagai topik berbeda secara otodidak seperti beberapa bahasa, ilmu sosial, politik dan jurnalistik. Tujuannya pada saat itu karena dirinya merasa ada sesuatu yang terbakar dalam dirinya untuk memerdekakan Indonesia dari belenggu penjajahan Belanda.

Mulanya, Mochtar Lubis ingin melanjutkan pendidikannya ke sekolah kedokteran. Namun, sang tetapi ayahnya melarangnya, membuatnya belajar secara otodidak. Mochtar Lubis rupanya juga pernah menempuh pendidikan di Thomas Jefferson Fellowship (East-West Center, University of Hawaii, USA).

Kehidupan Sebagai Jurnalis

Sebagai jurnalis, Mochtar Lubis memiliki segudang pengalaman setelah bekerja di berbagai media di Indonesia. Beberapa media terkenal yang pernah Mochtar Lubis yaitu Kantor Berita Antara, Majalah Solidarity di Manila, Filipina, Harian Merdeka sampai Harian Indonesia Raya.

Khazanah Islam: Lebih Baik Kurban Kambing untuk Satu Orang atau Sapi untuk Bertujuh? Ini Penjelasan Ustadz Firanda Andirja

Tampilkan Semua Halaman