Menu


Asal Usul Sunda Empire, Kerajaan Pimpinan Lord Rangga Yang Muncul Karena Hal Ini

Asal Usul Sunda Empire, Kerajaan Pimpinan Lord Rangga Yang Muncul Karena Hal Ini

Kredit Foto: Instagram/Rangga Sasana

Konten Jatim, Depok -

Sosok Rangga Sasana atau lebih dikenal dengan sebutan Lord Rangga menghembuskan napas terakhirnya pada Rabu (7/12/2022) pagi. Dirinya meninggalkan peninggalan penting berupa Sunda Empire atau Kekaisaran Sunda.

Meskipun terkesan dibuat-buat dan penuh kebohongan, orang-orang yang terlibat dalam Sunda Empire amat serius dalam menjalankan pemerintahan kekaisaran ini. Sebenarnya, dari mana asal usul Sunda Empire yang sempat menghebohkan publik Indonesia?

Baca Juga: Profil Lord Rangga, Pemimpin Sunda Empire Yang Penuh Kharisma

Mengutip dari sejumlah sumber berbeda pada Kamis (8/12/2022), asal usul Sunda Empire mulanya diketahui dari sebuah grup di media sosial Facebook yang sudah ada sejak tahun 2017. Namun, grup ini baru mencuat ke permukaan sekitar tahun 2020.

Awalnya, publik tidak terlalu menganggap serius adanya Sunda Empire ini. Namun, dikarenakan para anggota dari kekaisaran ini begitu serius dalam menyatakan eksistensi mereka, akhirnya banyak masyarakat yang kebingungan terkait benar atau tidaknya Sunda Empire.

Baca Juga: Mengenal Surabaya, Ibu Kota Jawa Timur Berjuluk Kota Pahlawan

Lord Rangga menjadi sosok yang berperan penting dalam menyebarkan eksistensi Sunda Empire. Ini bermula dari penampilannya di acara "Indonesia Lawyer Club" (ILC), sebelum akhirnya menerima undangan dari berbagai macam acara televisi dan YouTube.

Ini sempat membuat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengimbau masyarakat untuk tidak menghiraukan omongan orang-orang yang mengaku dari Sunda Empire dan meminta untuk berpikir menggunakan akal sehat.

Buntutnya, pada Januari 2020, Lord Rangga beserta sejumlah petinggi Sunda Empire lainnya dikenakan  Pasal 14 Ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 karena dianggap menyebarkan kegaduhan dan berita bohong ke masyarakat.

Baca Juga: Kota Malang, Kota Paris van East Java Yang Sejuk Dan Indah

Lord Rangga ditahan tidak lama setelah dikenakan pasal tersebut, meskipun akhirnya dilepaskan setahun kemudian karena dianggap berkelakuan baik. Keberadaan Sunda Empire pun masih cukup populer di kalangan masyarakat karena Lord Rangga masih mendapatkan undangan di sejumlah acara baik itu acara televisi maupun acara YouTube.

Sunda Empire dikenal melontarkan pernyataan “unik” seperti letaknya yang berada di antara bumi dan matahari, mampu menyelamatkan bumi dari perang nuklir sampai mengaku kalau miliarder Bill Gates dan Jack Ma merupakan bagian dari kekaisaran ini.

Baca Juga: Tanggapan Tokoh Publik Terkait Safari Politik Anies Baswedan, Mulai Dari Dukungan Sampai Makian

Khazanah Islam: Masuk Daftar Nominator Warisan Budaya Tak Benda, Reog Ponorogo Segera Diakui UNESCO