Menu


Pasca Bikin Forkabi Naik Pitam, Heru Budi Ketemu Bamus Betawi Malah Bahas Hal Lain di Luar Pencopotan Marullah

Pasca Bikin Forkabi Naik Pitam, Heru Budi Ketemu Bamus Betawi Malah Bahas Hal Lain di Luar Pencopotan Marullah

Kredit Foto: Istimewa

Konten Jatim, Surabaya -

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerima kunjungan audiensi jajaran kepengurusan Badan Musyawarah (Bamus) Betawi di ruang tamu Gubernur, Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (6/12/2022). Kunjungan ini disebut dalam rangka silaturahmi.

Kendati demikian, dalam keterangan resminya Heru tidak menyatakan membahas soal kemarahan Forkabi dengan Bamus Betawi. Ia menyatakan agenda ini sebagai penanda bersatunya antara organisasi Bamus Betawi dengan Bamus Betawi 1982.

Dalam kesempatan tersebut, Heru mengingatkan Bamus Betawi untuk selalu menjaga keakraban, ketenteraman, serta keguyuban orang Betawi di Jakarta dan sekitarnya.

Baca Juga: Anggota DPRD DKI Ini Turut Kecam Pencopotan Marullah, Sebut Heru Budi Cacat Hukum

Ia juga berharap Bamus Betawi mampu memajukan bersama Kota Jakarta, sebagai contoh kota yang mengedepankan musyawarah dalam mengambil keputusan

"Terima kasih atas kunjungan Bamus Betawi, saya harap silaturahmi ini bukan hanya formalitas saja. Namun, juga sebagai jati diri kita yang harus menjaga keakraban," ujar Heru kepada wartawan.

"Kita ingin saling menjaga Kota Jakarta, yang harmonis, saling mengerti satu sama lain, serta mengutamakan musyawarah dalam setiap mengambil keputusan. Mari kita pertahankan Jakarta yang harmonis," Heru menambahkan.

Sementara itu, Ketua Bamus Betawi 1982, Zainuddin atau biasa disapa Haji Oding menyebut suasana silaturahmi yang harmonis dan penuh keakraban ini mencerminkan kolaborasi yang solid antara pemerintah dengan masyarakat, khususnya orang Betawi

"Dalam pertemuan ini, kami pengurus Bamus Betawi 1982 dan Bamus Betawi menyampaikan kepada Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono bahwa telah bersatu. Kami sepakat nama baru dari penyatuan dua ormas ini yakni Majelis Amanah Masyarakat Betawi," tutur Zainuddin.

Baca Juga: Heru Budi Dihujani Keluhan Saat Blusukan di Pasar Induk Kramat Jati: Harga Naik Semua Pak

Zainuddin mengungkapkan, penyatuan dua organisasi masyarakat Betawi akan dideklarasikan pada 22 Desember 2022 di Balai Kota Jakarta.

Ia juga menjelaskan, jika sesepuh tokoh masyarakat, majelis adat dan ketua ormas Betawi sepakat menunjuk Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, Marullah Matali untuk memimpin Majelis Amanah Masyarakat Betawi.

"Insya Allah, tanggal 22 Desember 2022 Deklarasi Majelis Amanah Masyarakat Betawi akan digelar di Balai Kota. Alhamdulillah, Pak Pj Gubernur juga berharap terjalin kerja sama dalam harmoni yang positif dan membangun kota Jakarta. Hal ini akan meningkat dan melestarikan kebudayaan Betawi," pungkas Zainuddin.

Sebelumnya pada Minggu (4/12/2022), Heru Budi diprotes oleh Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi) karena mencopot Marullah Matali dari jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) DKI.

Setelah dicopot Heru mengangkat Marullah sebagai Deputi Gubernur Bidang Kebudayaan dan Pariwisata.

Khazanah Islam: Awas! Ini Sederet Posisi Seks yang Dilarang dalam Islam, tapi Nomor 2 Sering Dilakukan

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.