Menu


Gara-gara Ketakutan, Salah Satu PRT Ferdy Sambo Langsung Resign Gara-gara soal Ini

Gara-gara Ketakutan, Salah Satu PRT Ferdy Sambo Langsung Resign Gara-gara soal Ini

Kredit Foto: Tangkapan Layar KompasTV

Konten Jatim, Bandung -

Eks ajudan Ferdy Sambo, Daden Miftahul Haq mengungkapkan ada satu orang asisten rumah tangga atau ART Sambo yang mengundurkan diri usai insiden ramai kabar penembakkan Brigadir Yosua pada 8 Juli 2022.

Fakta itu terungkap saat Daden memberikan kesaksian dalam persidangan Sambo dan istrinya Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (8/11/2022).

Semulanya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) mencecar Romer mengenai siapa saja ART yang tinggal di Rumah Saguling. Tiba-tiba, dalam kesaksiannya Romer menyebut ada satu orang ART yang resign usai heboh Yosua dibunuh.

Baca Juga: Ternyata, Brigadir J Sempat Sampaikan Hal Ini Kepada Ferdy Sambo Sebelum Meregang Nyawa

"Siapa saja ART di Saguling?" tanya JPU.

"Susi, Bijiah terus ada yang sudah resign terus Surtini," jawab Daden.

Romer menjelaskan satu ART itu resign lantaran merasa takut pasca pemberitaan terkait tewasnya Yosua tersebar. Bahkan, satu ART itu disebut Romer sempat diperiksa oleh penyidik Bareskrim.

"Seingat saya pas sudah pemeriksaan di Bareskrim," jelas Daden.

"Itu kenapa resign?," ujar JPU.

"Dia lihat berita takut abis itu mengundurkan diri," ucap Daden.

Disemprot Hakim

Ketua Majelis Hakim Wahyu Imam Santosa sempat menegur saksi Daden karena tidak bertele-tele saat menceritakan soal kematian Yosua. 

Awalnya, Daden dicecar mengenai kapan tepatnya ia mengetahui Brigadir Yosua tewas.

Baca Juga: Aneh Tapi Nyata, Sopir Ferdy Sambo Ini Seperti Ketakutan di Hadapan Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi Sampai Ditegur Oleh Hakim Ketua

Daden mengaku mengetahui Yosua tewas pada 9 Juli 2022 sewaktu Salat Subuh.

"Kapan Saudara tahu korban meninggal?" tanya Hakim Wahyu.

"Setelah itu, baru diceritakan Romer, ada kejadian di rumah, Yosua meninggal. Tapi pas meninggal ini saya tau subuh," jawab Daden.

Baca Juga: Isi Rekening Brigadir J Mendadak Kosong Usai Dibunuh Ferdy Sambo, Diduga Orang Ini yang Jadi Pelakunya

Hakim merasa kesaksian Daden berbeda dengan saksi yang lainnya. Namun begitu, Daden tetap bersikukuh jika ia baru mengetahui insiden kematian Yosua pada keesokan harinya.

"Keterangan saudara beda dengan yang lain, mana yang benar?" tanya hakim.

"Seingat saya itu," jawab Daden.

Setelah itu, Hakim Wahyu mencecar Daden perihal kesaksian adik Yosua Mahareza Rizky yang mengaku digeledah Daden.

Daden pun langsung menepis jika dirinya sudah menggeledah Reza saat itu.

Baca Juga: Ckckck, Susi ART Disoraki Habis-Habisan Gegara Lakukan Hal Ini Dengan Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo Begitu Tiba di Ruang Persidangan

"Reza tiga kali diperiksa, Reza bilang digeledah, saudara kemarin katakan tidak geledah cuma pegang aja. Tapi Reza bilang saya digeledah apakah saya bawa senpi atau tidak," timpal hakim.

"Siap. Saya tidak menggeledah. Saya dengar keterangan Reza, saya nggak geledah sama sekali. Saya hanya katakan kalau pakai pakaian preman itu tidak pas ke Biro Provos. Saya katakan yang sebenarnya, tidak ada penggeledahan sama sekali," ujar Daden.

Hakim Wahyu kemudian menegur Daden agar berkata jujur dalam persidangan. Hakim tampak merasa ragu terharap kesaksian yang disampaikan Daden.

Baca Juga: Waduh, Mantan Ajudan Ferdy Sambo Ini Beberkan Fakta Mengejutkan, Rupanya Brigadir J Pernah Mengakui Hal Ini

"Kalau kami simpulkan saudara sudah tahu kalau Yosua meninggal saat telepon Reza. Mana yang benar? Saudara sudah disumpah!" tutur hakim.

"Siap saya berkata jujur yang mulia," kata Daden.

Yosua Minta Dicarikan Pacar

Daden lebih dulu bercerita tentang Brigadir Yosua yang sempat merasa jenuh bekerja sebagai ajudan Ferdy Sambo.

Momen itu disebut Daden terjadi pada tanggal 6 Juli 2022 di Magelang, tepat dua hari sebelum Yosua meregang nyawa di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Saat itu, Daden dan Yosua sedang mengambil kue untuk merayakan ulang tahun pernikahan Sambo dan Putri pada 7 Juli 2022. Dalam perjalanan menggunakan mobil, Yosua mengaku jenuh dengan pekerjaannya saat itu.

Baca Juga: Pengakuan Perdana dari Sopir yang Angkut Mayat Brigadir J di Kediaman Ferdy Sambo, Rupanya Ada...

"Di perjalanan kita bincang-bincang. Kalau tidak salah seperti ini 'Lek kau punya rasa jenuh enggak?'. Saya nggak terlalu gubris. Kemudian, seperempat jalan 'Ada nggak sih rasa jenuh?' Kalau tidak salah saya jawab, 'Kalau namanya bekerja pasti ada rasa jenuh.' Cuma saat itu saya sampaikan harus pintar menyiasatinya," ujar Daden dalam persidangan.

Obrolan antara dua ajudan Sambo itu pun semakin serius. Yosua berkata kepada Daden, perihal resolusi dalam hidupnya. Ketika itu, Yosua menyenggol tangan Daden hingga ponsel milik Daden terjatuh.

Baca Juga: Sempat Jadi Misteri, Inikah Penyebab Jokowi Pecat Anies sebagai Mendikbud, Gara-gara Uang Rp 23 Triliun?

"Terus saya ingat betul yang mulia. Ketika saya sampaikan, 'Intinya kita harus punya resolusi.' Saat bicara resolusi itu yang mulia, dia menepok tangan saya, sampai HP saya jatuh ke kaki," ucap Daden.

"Kalau tidak salah, beliau sampaikan seperti ini 'Nah itu dia, gue enggak punya resolusi Lek'," ujar Daden sembari menirukan ucapan Yosua.

Daden pun menyarankan Yosua untuk segera menikahi kekasihnya Vera Simajuntak yang ada di Jambi. Tak disangka-sangka, Yosua jutsru menolak hal itu dan minta dicarikan pacar oleh Daden.

Baca Juga: Selain Ganjar, Orang Ini Juga Bisa Gigit Jari Gara-gara Dukungan Jokowi ke Prabowo, yang Jelas Bukan Anies

"Kemudian saya bilang 'Makanya kamu nikah.' Dia jawab 'Kenapa?' karena kalau kita melayami pimpinan, fokus kita, konsentrasi kita ada pimpinan, tetapi pada diri sendiri kita harus ada yang memikirkan," ungkap Daden.

"Kemudian Josua menjawab kalah tidak salah, 'Nikah sama siapa.' Kemudian saya jawab karena saya tahu dulu pernah cerita punya kekasih, 'Yang bidan itu Lek' kemudian dia jawab 'Nggak lah', terus dia sampaikan 'Makanya lah kau carikan aku cewek'," imbuhnya.

Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.