Menu


Kalau Kata Rocky Gerung, Ini 'Isi Pesan Singkat' Para Pemimpin Asean Tertawakan Jokowi Gegara Ngaku Diberi Pesan oleh Ukraina

Kalau Kata Rocky Gerung, Ini 'Isi Pesan Singkat' Para Pemimpin Asean Tertawakan Jokowi Gegara Ngaku Diberi Pesan oleh Ukraina

Kredit Foto: Twitter/@setkabgoid

Konten Jatim, Jakarta -

Pengamat Politik, Rocky Gerung menyoroti kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ditemani dengan seorang Jurnalis senior, Hersubeno Arief, keduanya menyoroti pengakuan Jokowi yang telah menyampaikan pesan Zelensky kepada Putin namun berakhir dibantah oleh juru bicara dari Presiden Ukraina.

Menurut Rocky, rupanya hal tersebut tidak patut untuk dilakukan, ia bahkan berucap pepatah yang menyindir Jokowi walaupun tidak menyebutkan nama.

"Ya itu yang menyebabkan bahwa, buat apasih cari pencitraan  itu. Kalo kata pepatah beli kedondong jangan di borong, sekali melancong jangan berbohong," ujar Rocky sebagaimana dikutip dari kanal Youtube 'Rocky Gerung Official', Selasa (5/7/2022).

BACA JUGA : Gak Kalah Sama Jokowi, Orang Ini Pernah Dijamu Putin Khusus ke Rusia dan Digadang-gadang Jadi Calon Gubernur DKI Jakarta, Wow Siapa ya?

Selain itu Rocky berucap, Jokowi bisa ditertawakan oleh negara-negara tetangga terkait pesannya yang berakhir dibantah pihak Ukraina itu.

"Tapi kan dia (Jokowi) ditertawakan oleh negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura. Kira-kira lagian udah dibilangin sih ngapain anak kecil mondar-mandir ke wilayah berbahaya tuh," tuturnya.

Rocky Gerung pun menyimpulkan bahwa diplomasi Indonesia semakin lama semakin rendah.

"Jadi bukannya kita marah. Kita marah karena kita diledek oleh dunia," ujarnya.

Rocky Gerung pun memberi bayangan bagaimana isi pesan negara-negara tetangga jika menyindir Jokowi terkait hal itu.

"Malaysia mungkin lagi ketawa-tawa tuh, Singapura juga. Kan jengkel kita. Atau Presiden Filpina yang baru bilang 'yah mestinya udahlah selesaikan dulu (urusan) dalam negeri," lanjutnya.

"Jadi WA (isi pesan WhatsApp) di antara kepala negara Asia itu justru memalukan kita. Kita bisa bayangkan isi WA-nya kan. Gile die bohong loh," ujar Rocky diselingi tawanya.

Selain itu, Rocky Gerung juga berpendapat bahwa harus Jokowi harus mengetahui bagaimana cara diplomasi yang baik sesuai dengan urutannya.

BACA JUGA: Pedas! Rocky Gerung Sebut Jokowi Terjun Konyol, Gegara Tak Temui Dua Tokoh Ini Sebelum Terbang ke Ukraina & Rusia

"High profile harus dimulai dari great pertama, baru kedua dan seterusnya," tuturnya.

"Sistem itu gak ada, karena mau cepat-cepat dapat headline, dan mungkin Pak Jokowi sangat kesal ke Bu Mega, makanya cari sensasi keluar negeri," ujarnya kembali.

Rocky menilai pemerintah Indonesia tidak melakukan diplomasi seperti itu.

"Iya, terjun bebas tapi parasutnya gak kebuka, itu artinya terjun konyol namanya, gak usah lagi dibela-bela oleh buzzer semakin dibela semakin malu lah kita," pungkasnya.

Khazanah Islam: Pujian untuk Ambisi Berkelanjutan, Warta Ekonomi Gelar Indonesia Most Visionary Companies Awards 2024



Berita Terkait