Menu


Apa Perasaan Kaesang Saat Wajah Bapaknya Dijadikan Guyonan Meme Stupa Borobudur oleh Roy Suryo? Reaksinya Ternyata Mengejutkan

Apa Perasaan Kaesang Saat Wajah Bapaknya Dijadikan Guyonan Meme Stupa Borobudur oleh Roy Suryo? Reaksinya Ternyata Mengejutkan

Kredit Foto: ANTARA FOTO/Anis Efizudin/rwa.

Konten Jatim, Jakarta -

Pakar Telematika, Roy Suryo beberapa waktu lalu sempat tersandung kasus terkait unggahan foto editan Stupa Candi Borobudur yang mirip dengan Presiden Joko Widodo.

Walaupun bukan dirinya yang menyunting, warganet terlanjur geram sebab Roy Suryo ikut mengunggah dan menyebar kembali foto Stupa tersebut.

Menurut warganet aksi Roy Suryo dengan menggunggah foto tersebut dinilai sebagai penghinaan terhadap agama Budha.

Tidak sedikit pula yang menyayangkan foto tersebut diunggah oleh mantan Menpora dan pakar telematika itu.

BACA JUGA: Bandingkan Dengan Holywings, Aktivis ini Desak Polri Usut Roy Suryo, Katanya Sih Biar Ada Rasa Keadilan dan Tak Muncul Prasangka Buruk

Menanggapi hal tersebut, putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep juga ikut buka suara.

Pria berusia 27 tahun itu memberi tanggapan terkait meme stupa Candi Borobudur itu diunggah oleh Roy Suryo saat menjadi bintang tamu dalam video terbaru di kanal Youtube milik Tretan Muslim.

Pemilik Persis Solo ini awalnya tidak memusingkan hal tersebut, namun Kaesang lebih menyoroti perasaan simpati terhadap umat Budha yang kemungkinan besar bisa tersinggung.

"Termasuk tweetnya Roy Suryo itu lucu nggak," tanya Tretan Muslim di kanal youtubenya.

"Ya itu kan nggak ini lah, ya kan kasihan sama agama yang bersangkutan," tutur Kaesang Pangarep.

Saat Tretan menanyakan apakah Kaesang merasa kasihan dengan sosok bapaknya terkait meme tersebut, ia pun menjawab dengan guyonan.

"Nggak, saya mah nggak kasihan sama bapak kok," papar Kaesang.

BACA JUGA : Ih, Roy Suryo Sengaja Mancing-mancing Orang Buat Julidin Jokowi, Lihat Nih Kelakuannya

Tretan Muslim kemudian menanyakan bagaimana respon Kaesang soal meme Presiden Jokowi yang tertebaran di sosial media.

"Tapi setiap hari itu ada nggak mas yang memention atau kirim foto gitu," kata Tretan Muslim.

"Ya ada lah, setiap hari pasti ada. Pasti ada yang lucu, yang lucu itu harus di retweet. Kadang-kadang saya kasih tahu ibu, nih bu ada yang lucu," tandas Kaesang.

Sebagai informasi, Tim Penasihat Hukum Roy Suryo menyatakan bahwa kliennya bukan pengedit meme Stupa Borobudor mirip Jokowi yang viral di media sosial.

Pitra menyebutkan Roy Suryo bukanlah yang membuat meme stupa tersebut dan hanya sebatas saksi atas adanya meme stupa mengenai kenaikan harga tiket Candi Borobudur.

Oleh karena itu kliennya tidak bisa dimintai pertanggungjawaban pidana sebagaimana diatur dalam Pasal 10 ayat (1) dan ayat (2) Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2014 tentang Perlindungan Saksi dan Korban.

Terkait meme itu, Pitra menuturkan ada upaya yang digiring oleh pihak-pihak tertentu (buzzerRp) ke arah kebencian dan permusuhan sehingga unggahan Roy Suryo diturunkan (take down) dengan alasan iktikad baik.

"Roy Surya telah memberikan klarifikasi langsung terkait sumber meme stupa tersebut dengan melampirkan akun asli serta link yang memposting meme Stupa Borobudur tersebut sebelumnya,” kata Pitra.

Ia menjelaskan kliennya membuat cuitan di Twitter yang memuat meme Stupa Borobudur merupakan meme hasil buatan orang lain.

Dalam keterangan gambarnya dijelaskan bahwa meme tersebut adalah editan karya netizen (orang lain).

“Dan terhadap meme tersebut, Roy Suryo tidak memiliki niatan untuk menghina golongan tertentu, melainkan kritikan terkait kebijakan kenaikan harga oleh pemerintah di Candi Borobudur karena Roy Suryo ikut merasakan kesusahan masyarakat terkait kebijakan tersebut,” ujarnya soal kasus unggahan meme stupa Presiden Jokowi.

Khazanah Islam: Awas! Ini Sederet Posisi Seks yang Dilarang dalam Islam, tapi Nomor 2 Sering Dilakukan

Artikel ini merupakan kerja sama sindikasi konten antara Konten Jatim dengan Suara.com.



Berita Terkait